Kaleidoskop: 10 Tahun Anniversary PT Hino Finance Indonesia



Sejak didirikan pada tahun 2014, PT. Hino Finance Indonesia terus berupaya untuk mewujudkan komitmennya sebagai Good Corporate Citizen bagi lingkungan sekitar. Hal ini diwujudkan dengan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh PT. Hino Finance Indonesia selama 10 tahun ini.

Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-10, PT Hino Finance Indonesia ingin melakukan kilas balik perjalanan panjang dari awal mulai berdiri hingga saat ini. Simak ulasan lengkapnya di sini, ya!

2014

PT Hino Finance Indonesia—perusahaan pembiayaan—berdiri tanggal 11 Juli 2014 di tengah pesta Demokrasi Indonesia. PT Hino Finance Indonesia didirikan berdasarkan pada joint venture agreement antara Hino Motors Ltd., PT Indomobil Multi Jasa Tbk., dan Summit Global Auto Management B.V.

PT Nusantara Trans Sejahtera merupakan konsumen pertama dari PT Hino Finance Indonesia dan dealer pertama yang bekerja sama dengan PT Hino Finance Indonesia adalah PT Indomobil Prima Niaga. Di tahun 2014 ini, PT Hino Finance Indonesia juga mendapatkan izin sebagai perusahaan pembiayaan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

2015

Bertepatan dengan pembukaan jalan tol Cikopo-Palimanan yang menjadi jalur penghubung antara provinsi Jawa Barat dan provinsi Jawa Timur, PT Hino Finance Indonesia mengambil peluang tersebut dengan membuka cabang di Jakarta dan Surabaya sebagai bentuk perluasan jaringan perluasan pada tahun 2015. 

2016-2018

Dalam berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, di tahun 2016 PT Hino Finance Indonesia memperluas jaringan penjualan ke kota-kota besar di Indonesia. Yang mencakup area Jawa Sumatera: Tangerang, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Lampung, Palembang, Pekanbaru, Medan, dan pembukaan kantor cabang Jambi.

2019

Di tahun 2019, diluncurkan jaringan 5G secara komersial di berbagai negara di dunia. Dalam mengoptimalkan teknologi, PT Hino Finance Indonesia meluncurkan aplikasi digital bernama “Hino in The Box”. Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan customer mendapatkan layanan dan informasi terkait pembiayaan.

2020

Presiden Joko Widodo resmi memberlakukan “Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)” pada 31 Maret tahun 2020. Keputusan ini berdampak pada kegiatan bisnis secara nasional. Menanggapi keputusan ini, PT Hino Finance Indonesia dengan cepat melakukan perubahan metode kerja menjadi hybrid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kondisi perekonomian yang sulit tidak menyurutkan semangat PT Hino Finance Indonesia untuk selalu hadir dalam melayani permintaan customer dan setia mendengarkan setiap kebutuhan. Konsistensi ini membuat PT Hino Finance Indonesia mendapatkan peringkat AAA dari Fitch Rating Indonesia.

2021

Pandemi masih belum berakhir di tahun 2020 dan adaptasi terus dilakukan dengan memantau serta mengikuti anjuran dari pemerintah. Meski masih pandemi, PT Hino Finance Indonesia berhasil membuka area penjualan sampai ke Kota Makassar. Bahkan juga berhasil meraih laba yang ditargetkan.

Keberhasilan ini bisa tercapai karena koordinasi operasional yang baik, penerapan kebijakan yang tepat, dan usaha penjualan yang gigih yang dilakukan PT Hino Finance Indonesia bahkan sampai ke Indonesia bagian Timur.

2022

Tahun 2022, PT Hino Finance Indonesia bekerja sama dengan seluruh dealer rekanan di Indonesia untuk keberlangsungan acara Moto GP Mandalika. Di tahun ini, “Simple Innovative Accountable Preferred” atau #SIAP juga diluncurkan untuk memudahkan UMKM melakukan pengajuan fasilitas pembiayaan di website resmi PT Hino Finance Indonesia.

Selain itu, PT Hino Finance Indonesia juga berpartisipasi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang merupakan pameran otomotif terbesar di Indonesia. Bersamaan dengan dirilisnya PT Hino Finance Indonesia berstandar Euro 4 yang lebih tangguh, ekonomis, dan ramah lingkungan.

2023

Di tahun 2023, konsumen Hino Finance bertambah menjadi 2.100 dengan pembiayaan lebih dari 4.000 unit. Paling menggembirakan, di tahun ini Hino Finance juga kembali mendapatkan penghargaan “Top 20 Financial Institutions dari The Finance Magazine”.

Tahun ini juga diadakan berbagai kegiatan seperti Employee Edu Trip, HFI Culture Building, dan Halal Bihalal. Selain itu, PT Hino Finance Indonesia juga melakukan pelestarian lingkungan melalui penanaman pohon di beberapa kawasan konservasi dan ekowisata di Indonesia. Serta, Customer day dan Customer Trip.

2024

Tahun 2024, pembukaan Satelite Kendari sebagai bentuk penguatan jaringan operasional di wilayah Indonesia timur,—khususnya di Sulawesi. Tidak hanya itu, dalam upaya menjadi penerbit obligasi berkelanjutan, PT Hino Finance Indonesia juga kembali mengeluarkan obligasi III tahun 2024.

Dalam satu dekade terakhir, PT Hino Finance Indonesia telah merintis dan berkembang menjadi salah satu perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia. PT Hino Finance Indonesia juga berkomitmen memberikan layanan terbaik pada customer, karyawan, dan seluruh pemangku kepentingan untuk kehidupan berkelanjutan.

PT Hino Finance Indonesia. Aiming For Sustainable Growth!

Related Berita dan Artikel

HFI GOES TO SCHOOL - BERI EDUKASI PENTINGNYA PENGELOLAAN KEUANGAN KEPADA PELAJAR DI SD PERGURUAN RAKYAT 2

08 Oktober 2024

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Dalam rangka mendukung Program Bulan Inklusi Keuangan (“BIK”), PT Hino Finance Indonesia (“Perseroan”) kembali mengadakan kegiatan literasi keuangan untuk pelajar. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya mengelola keuangan mereka sejak dini. Kali ini Perseroan memberikan literasi keuangan kepada para Pelajar Kelas 5 dan 6 di SD Perguruan Rakyat 2 – Bukit Duri, Jakarta Selatan.

RAYAKAN HARI PELANGGAN NASIONAL 2024, PT HINO FINANCE INDONESIA GELAR KEGIATAN KEBERSAMAAN DENGAN PELANGGAN

30 September 2024

Jakarta, 30 September 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun 2024, PT Hino Finance Indonesia kembali mengadakan kegiatan menarik yang dapat meningkatkan kebersamaan HFI dengan Pelanggan setianya.

PERUBAHAN HASIL PEMERINGKATAN TAHUNAN PT HINO FINANCE INDONESIA PERIODE 2024-2025

23 September 2024

Jakarta - 23 September 2024: Fitch Ratings Indonesia ("Fitch") telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Hino Finance Indonesia (HFI) dan peringkat surat utang mata uang lokal ke 'AA+(idn)' dari 'AAA(idn)', serta mempertahankan Rating Watch Negative (RWN).

PT Hino Finance Indonesia Terdaftar Sebagai Anggota LAPS SJK

11 September 2024

PT Hino Finance Indonesia telah terdaftar sebagai anggota LAPS SJK

PT Hino Finance Indonesia Berizin & Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan