Biar Sukses, Begini Tips Membangun Bisnis Bagi Pemula!


Belakangan, banyak kalangan anak muda—mulai dari milenial sampai Gen Z—sukses dalam berbisnis. Bukan cuma bisnis rumahan, tapi, bisnis franchise coffee shop, makanan, minuman dan lainnya juga ditekuni karena banyak peminat. Gimana, Anda juga tertarik untuk berbisnis, tapi tidak tahu harus memulainya dari mana karena masih pemula?

Tidak perlu khawatir karena ada berbagai tips yang bisa Anda coba terapkan kalau berencana terjun ke bisnis, di antaranya:

Tentukan Ide di Awal Bisnis

Sebelum mulai menjalankan bisnisnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu ide bisnisnya. Misalnya; memilih bidang bisnis yang akan ditekuni. Kalau kebingungan, maka Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan passion. Contohnya, suka masak bisa membuka bisnis food & beverages.

Di awal, cukup satu bidang bisnis dulu saja yang ditekuni supaya Anda fokus menjalankannya. Selain itu, modalnya pun tidak terlalu banyak karena hanya membuka satu bisnis saja. Setelah bisnis maju, Anda diperbolehkan untuk melebarkan sayap dan menekuni bidang bisnis lainnya. 

Lakukan Riset Pasar

Setelah mengetahui bidang bisnis yang akan ditekuni, selanjutnya Anda perlu untuk melakukan riset pasar. Penting, kah? Yup, dengan melakukan riset pasar, maka Anda bisa mengetahui apa yang sedang tren, seperti apa minat dari customer, dan bagaimana persaingan bisnis di luar sana.

Kalau sudah mendapatkan gambaran, nantinya Anda akan lebih mudah menjalankan bisnisnya tanpa perlu merasa khawatir. Selain itu, melakukan riset sebelum berbisnis juga berguna untuk memaksimalkan kelebihan bisnis Anda serta bisa mendapatkan supplier penyedia bahan baku berkualitas dan terpercaya.

Buat Perencanaan Bisnis

Selanjutnya, membuat perencanaan bisnis karena hal ini sangat penting untuk memajukan bisnis Anda ke depannya. Sebaiknya, dalam perencanaan bisnis ini mencakup beberapa hal seperti proyeksi keuangan, rencana operasional bisnis, strategi pemasaran, analisis pasar, tujuan bisnis, visi, misi, dan sebagainya.

Tidak kalah penting, membuat anggaran dana terlebih dahulu karena dapat memaksimalkan jalannya strategi bisnis. Gimana membuatnya? Cek di bawah ini!

Analisa Biaya

Kumpulkan semua informasi yang diperlukan mulai dari biaya operasional dan lainnya. Adanya informasi dapat memudahkan menyusun anggaran, di mana anggaran bisnis ini biasanya terbagi menjadi tiga, yakni: biaya tetap, variabel, dan tidak terduga.

Biaya variabel di dalamnya ada Harga Pokok Penjualan (HPP) dan komisi, biaya tetap terdiri dari asuransi, uang sewa, mesin, dan lainnya. Apabila baru memulai bisnisnya, maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan pendirian bisnis.

Analisa Pendapatan

Penting menganalisa pendapatan dengan tujuan untuk menghindari supaya ketika menjalani bisnis tidak terjadi mark-up. Analisa pendapatan ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pelacakan pendapatan secara berkala.

Bisa dilakukan per bulan, semester (enam bulan), dan tahunan. Data yang didapat ini nantinya bisa dijadikan patokan untuk menetapkan pendapatan bisnis di tahun berikutnya. Sebaiknya buat dengan cermat karena bisa berdampak pada kemajuan bisnis ke depannya.

Perbanyak Koneksi

Supaya semakin mendapatkan gambaran terkait bisnis yang akan dijalani, maka sebaiknya perbanyak koneksi dengan pihak-pihak yang relevan dengan bisnis Anda, ya. Caranya? Mengikuti workshop, seminar, networking dengan rekan bisnis potensial, dan lainnya.

Dengan memperbanyak koneksi seperti ini, maka Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak informasi terkait bisnis yang akan dijalani ke depannya. Kalau bertemu dengan orang-orang baru yang sudah lebih dulu berbisnis, maka Anda bisa bertanya pada mereka.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan supaya sukses berbisnis sekalipun Anda masih pemula. Jika bisnis Anda membutuhkan kendaraan berukuran besar untuk mendukung bisnis Anda, maka Anda bisa membeli HINO 300 Series maupun HINO 500 Series. Tidak perlu khawatir mengenai pembiayaannya, karena Anda bisa menghubungi PT Hino Finance Indonesia.

PT Hino Finance Indonesia merupakan perusahaan pembiayaan spesialis untuk truk komersial, khususnya merek HINO. PT Hino Finance Indonesia memberikan solusi pembiayaan seperti jual dan sewa balik, sewa pembiayaan, dan sebagainya.

Selamat berbisnis, ya!

Related Berita dan Artikel

HFI GOES TO SCHOOL - BERI EDUKASI PENTINGNYA PENGELOLAAN KEUANGAN KEPADA PELAJAR DI SD PERGURUAN RAKYAT 2

08 Oktober 2024

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Dalam rangka mendukung Program Bulan Inklusi Keuangan (“BIK”), PT Hino Finance Indonesia (“Perseroan”) kembali mengadakan kegiatan literasi keuangan untuk pelajar. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya mengelola keuangan mereka sejak dini. Kali ini Perseroan memberikan literasi keuangan kepada para Pelajar Kelas 5 dan 6 di SD Perguruan Rakyat 2 – Bukit Duri, Jakarta Selatan.

RAYAKAN HARI PELANGGAN NASIONAL 2024, PT HINO FINANCE INDONESIA GELAR KEGIATAN KEBERSAMAAN DENGAN PELANGGAN

30 September 2024

Jakarta, 30 September 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun 2024, PT Hino Finance Indonesia kembali mengadakan kegiatan menarik yang dapat meningkatkan kebersamaan HFI dengan Pelanggan setianya.

PERUBAHAN HASIL PEMERINGKATAN TAHUNAN PT HINO FINANCE INDONESIA PERIODE 2024-2025

23 September 2024

Jakarta - 23 September 2024: Fitch Ratings Indonesia ("Fitch") telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Hino Finance Indonesia (HFI) dan peringkat surat utang mata uang lokal ke 'AA+(idn)' dari 'AAA(idn)', serta mempertahankan Rating Watch Negative (RWN).

PT Hino Finance Indonesia Terdaftar Sebagai Anggota LAPS SJK

11 September 2024

PT Hino Finance Indonesia telah terdaftar sebagai anggota LAPS SJK

PT Hino Finance Indonesia Berizin & Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan